LAPORAN INDIKATOR NASIONAL MUTU RSUD TELUK KERAMAT TAHUN 2023
- Rabu, 29 November 2023
- Administrator
- 0 komentar

Rumah sakit melakukan peningkatan mutu internal dan eksternal secara berkesinambungan (continuous quality improvement). Berdasarkan hal diatas, maka RSUD Kecamatan Teluk Keramat melakukan kegiatan peningkatan mutu dan keselamatan pasien yang sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1128/2022 Tentang Standar Akreditasi Rumah Sakit.
Kegiatan tersebut tertuang dalam Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) yang mencakup semua unit kerja dan unit pelayanan yang ada di rumah sakit.Salah satu kegiatan dalam program PMKP adalah pemantauan indikator mutu rumah sakit yaitu berupa manajemen data yang meliputi pengumpulan data, pelaoran, analisis,validasi dan publikasi data.
Evaluasi program dilakukan agar dapat diketahui adanya kendala-kendala dalam pelaksanaannya agar dapat diambil langkah-langkah tindak lanjutnya dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan Indikator mutu rumah sakit yang ditetapkan dan dipantau terdiri dari: 13 Indikator Mutu pelayanan Rumah Sakit/Wajib.
NO | NAMA INDIKATOR | JUL | AGS | SEP | RATA-RATA CAPAIAN (AVERAGE) | TARGET/ STANDAR |
1 | Kepatuhan Kebersihan Tangan | 73% | 84% | 85% | 81% | 85% |
2 | Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) | 88% | 89% | 90% | 89% | 100% |
3 | Kepatuhan Identifikasi Pasien | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% |
4 | Waktu Tunggu Rawat Jalan | 100% | 100% | 100% | 100% | 80% |
5 | Kepatuhan Waktu Visite Dokter | 34% | 55% | 84% | 58% | 80% |
6 | Pelaporan Hasil Kritis Laboratorium | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% |
7 | Kepatuhan Penggunaan Formularium Nasional | 100% | 92% | 92% | 100% | 80% |
8 | Kepatuhan Upaya Pencegahan Risiko Pasien Jatuh | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% |
9 | Kecepatan Waktu Tanggap Komplain | 100% | 100% | Dari hasil data yang diperoleh capaian 0% itu dikarenakan tidak adanya pasien yang komplain | 100% | 80% |
10 | Kepuasan Pasien | 0% | 0% | 0% | 100% |
Dari hasil data yang diperoleh capaian 0% itu dikarenakan evaluasi laporan tiap 6 bulan |
Indikator Nasional Mutu masih belum menunjukkan capaian yang stabil. Petugas di unit pelayanan sebagian besar SDM masih kurang tidak sesuai regulasi. Komite Mutu terus melakukan upaya perbaikan dengan melakukan edukasi secara terus menerus terkait pelaksanaan Indikator Nasional Mutu yang benar, Perlu adanya upaya optimalisasi untuk melakukan sosialisasi dan edukasi terus menerus untuk meningkatkan pemahaman dan capaian Indikator Nasional Mutu Rumah Sakit pada petugas. Diharapkan kedepannya capaian dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan.